Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait Meninggal Dunia: Pengabdian dan Profil

Dukung kami dengan berbagi

JAKARTA – Arist Merdeka Sirait, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), telah berpulang di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur pada Sabtu (26/8/2023). Kabar ini dikonfirmasi oleh Staf Komnas PA, Raihanif Putra. Menurut Raihanif, Arist meninggal dunia karena sakit, meskipun jenis penyakitnya tidak dijelaskan.

Arist Merdeka Sirait sebelumnya telah menjalani perawatan di RS Polri. Raihanif mengungkapkan bahwa jenazah Arist akan dikebumikan di Pemakaman Keluarga di Porsea, Toba, Sumatera Utara.

Arist Merdeka Sirait, lahir pada 17 Agustus 1960 di Pematang Siantar, Sumatra Utara, adalah sosok yang telah berjasa dalam perlindungan anak. Ia menjadi Ketua Komnas PA sejak tahun 2010, menggantikan Kak Seto (Seto Mulyadi).

Karier Arist Merdeka Sirait dimulai dari aktivis organisasi buruh dan LSM, hingga menjadi aktivis perlindungan anak sejak tahun 1981. Ia mendirikan Yayasan Komite Pendidikan Anak Kreatif (Kompak) Indonesia pada tahun 1987. Selanjutnya, dari tahun 1998 hingga 2019, Arist menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komnas Perlindungan Anak.

Profil Arist Merdeka Sirait telah diulas oleh TribunnewsWiki.com, dan informasi tersebut menegaskan perhatian Arist terhadap anak-anak telah dimulai sejak ayahnya menjadi koordinator guru di sekolah pendidikan murah.

Jasa-jasa Arist dalam perlindungan anak juga diakui oleh artikel di Tribunnews.com, yang menyatakan bahwa Arist telah memimpin Komnas PA sejak tahun 2010. Selama kariernya, ia terlibat dalam berbagai upaya perlindungan anak dan membangun kesadaran akan pentingnya hak-hak anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *