ILHAM DANAU SYOK, KAMPAR AKAN KECOLONGAN KUTANG BARENDO

Rumbio Kampar, Majalahsuluo.top – “Sebagai seniman Kampar saya kuatir kita akan kecolongan identitas budaya kita, kalau Kita terus tidak tanggap situasi ini” Kata Ilham Danau kepada majalahsuluo.top (06/07/15). Hal itu diungkapkan Ilham di kediamannya rumbio Kecamatan kampar seusai menonton acara KDI star yang ditaja salah satu tivi swasta nasional

Ilham menceritakan bahwa di sesi games tebak-tebakkan lagu, Lagu kutang barendo di bawakan Gilang Dirga sang pembawa acara seakan dalam lirik Tionghoa. Kemudian kubu Mahesa tanggap menebak bahwa itu adalah lagu Kutang barendo. Kemudian Kubu tersebut menyanyikan Lagu Kutang barendo dari versi Melati yang berbahasa minang dengan diiringi musik ethnik Jawa.
“waktu itu saya sangat berharap akan muncul bahasa asli dari lagu ini, yaitu bahasa Ocu” keluhnya. Ilham Danau mengaku syok dengan kejadian yang ditontonnya, hingga harus minum obat sakit kepala setelah acara itu usai.
“Di mana orang kampar?” teriak Ilham marah.” Hari ini kita kehilangan kutang barendo, besok kita akan kehilangan Budaya Ocu” Tukasnya.
Ilham Danau yang saat ini adalah Ketua Umum Organisasi sosial Seniman Daerah Ocu Kampar (Orsos Sendok) Kabupaten Kampar mengatakan bahwa Pihaknya akan membicarakan ini dengan dinas terkait dari Pemda Kampar. “kami akan coba hubungi saudara Mahesa juga untuk melengkapi informasi,dan saya intruksikan Pengurus Sendok terutama Komite HaKI untuk mempercepat Program Klarifikasi aset budaya Kampar, Fokusnya bagaimana menyelamatkan satu-satunya lagu Peninggalan Nenek moyang orang Ocu ini”.(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *